085842042447
genbitegal@gmail.com
Pekalongan - Tegal
blog-img
22/10/2021

Genbi Tegal Peduli Lingkungan : Tanam Mangrove Upaya Terdepan

Admin | Lingkungan

Pekalongan - Dilatarbelakangi dengan rasa peduli dan cinta alam, GenBI Tegal adakan kegiatan penanaman mangrove di Desa Mulyorejo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan pada hari Selasa, 19 Oktober 2021.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara GenBI Tegal Komisariat IAIN Pekalongan dan Komisariat Universitas Pekalongan serta kelompok tani Desa Mulyorejo yaitu Banawa Sekar CDK (Cabang Dinas Kehutanan) Kota Pekalongan guna menanggulangi permasalahan yang ada di Kota Pekalongan yakni turunnya lapisan tanah dan naiknya volume air di setiap tahunnya. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk memberikan kesadaran kepada mahasiswa dan anggota GenBI khususnya akan pentingnya menanam dan menjaga lingkungan.

Kegiatan penanaman mangrove di Desa Mulyorejo ini ber-tema-kan "Tumbuh Selamatkan Alam dengan Satu Gerakan Tanam" yang bertujuan untuk menanggulangi keadaan alam yang kian hari kian mengkhawatirkan serta mengembalikan kondisi alam menjadi ekosistem yang seimbang. Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 40 orang ini akan ditindaklanjuti dengan melakukan monitoring setiap 2-3 bulan sekali. Harapan kedepannya semoga penanaman mangrove ini dapat berguna bagi lingkungan dan juga bermanfaat bagi perealisasian pemulihan ekonomi di Desa Mulyorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan "Saya berharap kegiatan penanaman mangrove bisa berkelanjutan dan bibit mangrove yang ditanam bisa tumbuh menyelamatkan alam serta bisa tumbuh membantu perekonomian di desa Mulyorejo lewat wisata mangrove yang sedang dalam proses realisasi," tutur Rozali selaku ketua panitia.

Reporter : Nur Khafidhoh

Bagikan Ke:

Populer