085842042447
genbitegal@gmail.com
Pekalongan - Tegal
blog-img
06/02/2024

GenCare II Pelatihan Reboisasi GenBI Tegal Komisariat UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Admin | Lingkungan

Pelatihan Reboisasi (Gen-Care II)
GenBI Tegal Komisariat UIN Gusdur Pekalongan

Pada Jumat, 01 Desember 2023 GenBI Tegal Komisariat UIN Gusdur telah melaksanakan kegiatan Gen-Care program kedua yaitu Reboisasi dengan tema “Wujudkan Kesadaran Masyarakat terhadap Inflasi dengan Gerakan Menanam Cabai di Pekarangan”. Kegiatan ini bertempat di Dusun Winong, Desa Gejlig dan dihadiri oleh anggota GenBI komisariat UIN Gusdur, Saudara Ferdy Firmansyah selaku Presiden GenBI Tegal, delegasi dari GenBI komisariat Unikal dan UPS Tegal.

Gen-Care (GenBI Care) adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mendukung prakarsa berkelanjutan dan menjaga keberlanjutan lingkungan. Pada kegiatan ini terdapat dua program, yaitu pelatihan pembuatan kompos dan juga reboisasi. 

Program pertama seperti workshop tentang pembuatan kompos. Kegiatan pelatihan pembuatan kompos ini diawali dengan penyampaian materi  tentang pengelolaan sampah oleh narasumber dan dilanjutkan dengan praktik yang diikuti oleh seluruh anggota GenBI UIN Gusdur dan tamu undangan. Kompos yang sudah dibuat dimasukkan ke dalam trashbag dalam keadaan tertutup rapat dan ditunggu selama sekitar 1 bulan. 

Program kedua adalah reboisasi, seperti halnya workshop hanya saja jalannya acara dibantu oleh seorang MC dengan pembukaan oleh mc terlebih dahulu, dilanjutkan pembekalan materi untuk pelaksanaan reboisasi tanaman pucuk merah, kemudian ditutup oleh MC sekaligus pembagian kelompok dan anggota GenBI dengan masyarakat melakukan penanaman bersama. Dan ketika semua runtutan acara telah selesai masyarakat yang ikut berpartisipasi mendapatkan tanaman cabai yang diarahkan untuk ditananm dipekarangan rumah masing-masing. Target kegiatan ini adalah mampu membuat kompos, mengerti komponen tanah untuk tanaman, dan juga menstabilkan angka inflasi daerah dengan pemberian tanaman cabai.

Dikutip dari ketua pelaksana kegiatan yaitu Dysna Riefmadanty, tujuan kegiatan Gen-Care series II ini adalah memberikan wadah sebagai pengembangan diri dan diskusi antara anggota GenBI dengan profesional agar kita dapat meningkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan lingkungan yang asri dan menstabilkan angka inflasi, meningkatkan kualitas diri peserta mengenai pemahaman tentang pembuatan kompos dan reboisasi serta meningkatkan silaturahmi dan komunikasi yang baik di daerah desa binaan.

Bagikan Ke:

Populer