085842042447
genbitegal@gmail.com
Pekalongan - Tegal
blog-img
12/12/2021

GenBI Tegal Komisariat Universitas Pekalongan Adakan Lomba Infografis Hingga Webinar

Admin | Ekonomi

Selasa 30 November 2021 GenBI Tegal Komisariat Universitas Pekalongan mengadakan sebuah acara Webinar dengan tema “Pemulihan Ekonomi Melalui UMKM dan Pembayaran Digital dalam Mewujudkan  Visi Ekonomi Indonesia 2045”, webinar ini merupakan rangkaian acara yang terdiri dari Lomba Infografis yang dilaksanakan selama kurang lebih sebulan dengan partisipan peserta lomba sebanyak 42 karya, kemudian dilanjutkan acara webinar serta acara puncaknya yaitu penganugrahan karya pemenang lomba Infografis.

Webinar ini menjadi sangat menarik dengan diawali pembukaan kedua keynote speaker Bapak Dody Nugraha selaku Deputi Kepala Perwakilan BI Tegal, dan Bapak Andi Kushermanto, S.E., M.M. selaku Perwakilan Pimpinan Universitas Pekalongan, kemudian acara dilanjutkan dengan materi dari narasumber yang ahli di bidangnya, pertama ada Luthfia Adila selaku Pelaksanaan dan Pengembangan UMKM, Keuangan Inklusif dan Syariah (2021) Bank Indonesia Tegal, materi pertama berlangsung menarik dengan dipaparkannya data-data informasi mengenai perekonomian di Indonesia terutama sektor UMKM, data-data yang disajikan dikemas menarik dalam bentuk data grafik dan sangat informatif. Kemudian acara dilanjutkan ke pemateri kedua yaitu Maman Basyaiban selaku Tim Infografis Pojok Pekalongan, dalam sesi ini Kak Maman memberikan tips and trick cara membuat Infografis dari data-data yang ada, sehingga mampu menjadikan desain Infografis yang dibuat menjadi lebih menarik dan informatif untuk disajikan. Acara dilanjutkan sesi diskusi yang dipandu oleh moderator Mufti Falah anggota GenBI Tegal Komisariat Universitas Pekalongan. Sesi diskusi berlangsung dengan lancar, dan terlihat partisipasi yang mencapai puluhan peserta mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir, dan sebelum sesi penganugrahan ditambahkan sebuah sesi game kahoot untuk mengukur tingkat pengetahuan atas pemahaman materi yang sudah disampaikan.

“Semoga dengan berlangsungnya acara lomba Infografis tingkat Jawa Tengah dan Webinar ini mampu memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan khususnya pada literasi ekonomi di Indonesia di era digitalisasi seperti sekarang ini, dan mampu menambah soft skill dalam membuat sebuah karya berbentuk infografis yang bukan hanya sekedar desain visual saja, namun juga memberikan informasi dan memberikan solusi bagi masyarakat dari karya-karya infografis yang dibuat.” Ungkap Nur Fadhilla selaku Ketua Panitia.

Rangkaian acara yang berlangsung kurang lebih sebulan tersebut diakhiri dengan acara puncak yaitu penganugrahaan 3 pemenang lomba Infografis, yaitu : Juara 1 Ahmad Muizzul Ahsan, Juara 2 Muhammad Labidun Nufus, Juara 3 M. Iqbal Syatibi Evtar. Apresiasi luar biasa dari GenBI Tegal Komisariat Universitas Pekalongan kepada seluruh peserta dan para juara. “Awalnya dapat informasi dari temen, dan langsung ikutan, dan alhamdulliah juara” Ungkap Muhammad Labidun Nufus salah satu pemenang lomba asal Pekalongan. Semoga dengan adanya kegiatan ini mampu menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai literasi ekonomi digital dan menambah soft skill kita dalam membuat karya berbasis digital.

 

Reporter : Catur Nur Afni

Penulis : Muhammad Baqo

Bagikan Ke:

Populer